Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD)

Baca Juga :
Barang kali sahabat all-vb6 semuanya telah mendengar atau pernah menggunakan tool lunak yang bernama Selenium WebDriver (SWD). Selenium Web Driver ini merupakan sebuah perangkat lunak / tool yang bekerja secara otomatis secara interaksi aplikasi Web dengan beberapa fasilitas untuk mengontrol suatu peramban Web (web browser) melalui otomatisasi bahasa pemrograman lain. Pada saat program otomatisasi dijalankan, Selenium WebDriver (SWD) akan membuka aplikasi peramban Web dan melakukan kontrol pada peramban Web tersebut secara berulang dan cepat, seperti misalnya:

- Membuka suatu halaman Web di bar alamat/address bar
- Memilih suatu elemen di halaman menggunakan id, class, name, XPath.
- Mengisi input pada elemen
- Melakukan klik pada elemen
- Menjalankan kode JavaScript (JS) pada halaman Web

Pada masa sekarang ini tool SWD digunakan untuk BOT WhatsApp, Telegram, IG dengan bertujuan sebagai pemasaran sebuah prodak (marketing tool), dan admin juga menggunakan tool diatas untuk membuat sebuah aplikasi BOT WhatsApp dan hasilnya pun sangat memuaskan. 

Syarat Running Selenium Web Driver (SWD)

Sebelum menggunakan tool SWD ini PC agan harus terinstal Framework 3.5, untuk mengeceknya klik Start - Run  (tekan tombol Windows + R berbarengan) kemudian ketik appwiz.cpl dan Enter, sehingga muncul jendela dialog seperti gambar dibawah ini.

Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD)

Kemudian untuk selanjutnya klik menu yang telah admin tandai dengan kotak hitam seperti gambar diatas dan tunggu sampai keluar jendela dialog seperti gambar dibawah ini 

Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD)

Jika .Net Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0) terceklis seperti gambar diatas berarti Framework Ver 3.5 telah aktif jika belum, sahabat all-vb6 ceklis dan klik tombol OK maka proses instalasi secara online pun berjalan dan tunggu hingga selesai. Jika sahabat all-vb6 ingin mendownload secara offline bisa klik link ini

Untuk Versi Selenium WebDriver yang admin gunakan yaitu SeleniumBasic-2.0.9.0 selanjutnya download Selenium WebDriver pada link ini. Setelah terdownload ekstract dan double klik pada file instalasi tersebut dan ikuti langkah-langkahnya seperti gambar dibawah ini

Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD)

Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD)

Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD)

Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD)

Sampai tahap ini klik tombol Install dan tunggu sampai proses instalasi sampai selesai dan klik tombol Finish.

Proses instalasi Selenium WebDriver sudah selesai dan satu lagi jika sahabat all-vb6 semuanya akan mengaplikasi pada sebuah bahasa pemrograman contoh menggunakan web browser Google Chrome, versi google chrome dan versi webdrivernya harus sama. Contoh admin akan menggunakan Google Chrome Version 87.0.4280.66 maka webdrivernya harus versi yang sama dengan untuk memperoleh webdrivernya dapat dilihat pada link ini. Kemudian ekstract hasil download tersebut dan copy/replace ke folder instalasi Selenium Webdriver.

Contoh folder instalasi Selenium WebDriver : 
C:\Users\ZAHWA\AppData\Local\SeleniumBasic

Untuk huruf yang bercetak tebal merupakan User dari Komputer sahabat all-vb6, bisa diganti menyesuaikan dengan user dari pc sahabat all-vb6. Cukup sekian penjelasan singkat tentang Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD) ini admin uraikan semoga dapat bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Subscribe untuk berlangganan artikel :

2 Responses to "Cara Instalasi Selenium WebDriver (SWD)"

  1. Maaf gan, link unduh Selenium Web Drivernya broken. Ada saran link yang baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak agan atas kunjungannya
      link download Selenium Web Driver sudah diperbaiki, silahkan dicoba

      Delete

1. Dilarang menjadikan referensi tanpa mencantumkan sumbernya
2. Berkomentar yang relevan sesuai artikel
3. Gunakan bahasa yang baik dan santun