Cara Simpel Baca Tulis Regedit Windows VB6

Baca Juga :
Hai sahabat all-vb6 dimanapun berada, dalam kesempatan ini admin akan menguraikan cara simple tulis dan baca value yang dikirim dengan komponen Visual Basic 6.0 (VB6) ke database Regedit Windows. Regedit adalah struktur data yang disimpan ke database windows dengan layout / tampilan hirarki yang berperan sebagai menyimpan dan acuan dari setting informasi Sistem Operasi Windows pada Komputer yang berbentuk data String Value, Binary Value, DWORD (32 Bit) Value, QWORD (64 Bit) Value, Multi-String Value, Expandable String Value. Untuk penjelasan tentang type datannya agan-agan bisa googling aja pasti ada kok heeheehee.

Buka Ms. Visual Basic 6.0 (VB6), buatlah form kemudian tambahkan 2 (dua) buah komponen textbox dan 1 buah commandbutton, seperti tampilan form dibawah ini

Cara Simpel Baca Tulis Regedit Windows VB6

Selanjutnya double klik pada tombol (commandbutton) dan copykan coding dibawah ini
SaveSetting "Source Code Baca dan Tulis Regedit", "DATA", "Nama", Text1.Text
SaveSetting "Source Code Baca dan Tulis Regedit", "DATA", "Alamat", Text2.Text
Keterangan : Membuat sebuah folder hirarki pada HKEY_CURRENT_USER\Software\VB and VBA Program Settings\Source Code Baca dan Tulis Regedit\DATA seperti yang admin tandakan dengan warna.

Selanjutnya double klik juga pada form dan pilih event form_load, kemudian copykan coding dibawah ini yang berfungsi pada saat form run akan membaca data yang tersimpan didalam regedit windows.
Text1 = GetSetting("Source Baca dan Code Tulis Regedit", "DATA", "Nama")
Text2 = GetSetting("Source Baca dan Code Tulis Regedit", "DATA", "Alamat")
Simpan project diatas kemudian coba RUN/F5 dan inputkan karakter pada textbox nama dan alamat kemudian cek hasilnya pada regedit windows HKEY_CURRENT_USER\Software\VB and VBA Program Settings\Source Code Baca dan Tulis Regedit\DATA

Cara Simpel Baca Tulis Regedit Windows VB6


Cukup sekian kiranya uraian singkat tentang source code Cara Simpel Baca Tulis Regedit Windows VB6, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Subscribe untuk berlangganan artikel :

0 Response to "Cara Simpel Baca Tulis Regedit Windows VB6"

Post a Comment

1. Dilarang menjadikan referensi tanpa mencantumkan sumbernya
2. Berkomentar yang relevan sesuai artikel
3. Gunakan bahasa yang baik dan santun