Backup Schema Database Mysql Dengan VB6

Baca Juga :
Backup database pada aplikasi MySQL Server tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalangan programmer, bahkan aplikasi mysql server telah mempersiapkan sebuah data yang berekstensi exe untuk mendukung backup database dengan nama mysqldump.exe. File berekstensi exe ini yang sering digunakan untuk menjalankan backup database beserta skema (schema) dari tabel-tabel yang ada didalamnya, akan tetapi ada kekurangan dari file ini. Backup database hanya bisa dilakukan pada komputer host (server) tidak bisa dilakukan pada komputer client.

Pada pembahasan kali ini admin akan berbagi sebuah source code menggunakan visual basic 6.0 (VB6) yaitu membackup database beserta skema (schema) dari tabel-tabel yang ada didalamnya.

Backup Schema Database Mysql Dengan VB6

Cara menjalankan source code diatas pertama-tama inputkan terlebih dahulu spesifikasi koneksi yang ada pada form seperti gambar diatas dilanjutkan dengan klik tombol Tes Koneksi setelah muncul pesan Koneksi Database Sukses berarti source code telah terkoneksi dengan database mysql server. Kemudian klik tombol Backup Database dan tampil kotak dialog folder browse dengan tujuan untuk memilih letak folder (path) tempat database akan disimpan.

Backup Schema Database Mysql Dengan VB6

Backup Schema Database Mysql Dengan VB6


Kemudian kita cek hasil backupnya di path yang tampil pada pesan seperti gambar diatas menggunakan aplikasi notepad, notepad++ atau aplikasi pendukung lainnya, kemudian kita lihat isi dalamnya schema dari database, tabel pun tertera didalamnya seperti Create Table, Create Database, Use Database dll. Source Code ini dapat didownload pada link download yang telah admin sediakan dan terima kasih atas kunjungannya.

Subscribe untuk berlangganan artikel :

0 Response to "Backup Schema Database Mysql Dengan VB6"

Post a Comment

1. Dilarang menjadikan referensi tanpa mencantumkan sumbernya
2. Berkomentar yang relevan sesuai artikel
3. Gunakan bahasa yang baik dan santun