OpenWrt

Baca Juga :

OpenWrt, OpenWrt Luci, GNU LINUX

OpenWrt (Open Wireles RouTer) adalah sebuah sistem operasi distribusi GNU / Linux yang berbasis firmware. Sistem operasi ini digunakan untuk perangkat yang tertanam terutama pada perangkat router. Selain itu, OpenWrt menggunakan antarmuka dari baris perintah, tetapi tetap memiliki antarmuka WEB yang selalu meningkat. Dukungan teknis juga di sediakan pada kebanyakan proyek perangkat lunak bebas melalui forum dan saluran IRC. Beberapa komponen utama yang ada pada OpenWrt meliputi Linux, uti-linux, musl, dan BusyBox. Namun semua komponen utama tersebut sudah dioptimalkan menjadi lebih kecil agar bisa disesuaikan dengan penyimpanan dan memori yang terbatas pada router rumahan.

Selain itu, OpenWrt sudah dikonfigurasi menggunakan antarmuka baris perintah (ash shell) atau antarmuka web (Luci). Bahkan sudah ada sekitar 3500 paket perangkat lunak opsional yang tersedia untuk dapat dilakukan instalasi melalui sistem manajemen paket opkg. OpenWrt juga dapat berjalan diberbagai jenis perangkat, mulai dari router CPE, gateway perumahan, hingga smartphone. Selain itu, OpenWrt memungkinkan jika dijalankan di komputer dan juga laptop. Beberapa hal yang patut dipertimbangkan untuk menggunakan firmware ini adalah seperti:

1. Performa & Stabilitas

OpenWRT didesain oleh seorang administrasi jaringan profesional yang sangat peduli terhadap performa jaringannya. OpenWRT memiliki beberapa Algoritma pengembangan terbaru sehingga lebih baik dari Firmware bawaan perangkat. OpenWRT dikenal sangat stabil dan mampu beroperasi secara maksimal dalam waktu lama, mampu mengurangi latency/lag dan mampu meningkatkan throughput dengan algoritma tertentu. Perangkat lama yang mendukung OpenWRT juga akan selalu mendapatkan update software dan hanya dibatasi oleh kemampuan perangkat tersebut seperti RAM/Penyimpanan dibandingkan dengan manufaktur yang sudah menghentikan dukungan update terhadap perangkatnya sendiri.

2. Keamanan (Security)

OpenWRT adalah Open Source. Banyak pengembang diseluruh dunia yang membuat dan memeriksa kode yang akan di publikasikan. Karena menggunakan basis kernel Linux, sistem operasi ini lebih tangguh keamanannya sehingga tidak terpengaruh oleh banyak serangan yang menginfeksi sistem operasi lain. Ketika ditemukannya kerentanan maka akan segera diperbaiki dan ditutup celahnya. Konfigurasi bawaan OpenWRT sangat aman, karena mengijinkan akses internet secara penuh namun tidak mengekpose router ataupun perangkat dibelakangnya sehingga terhindar dari serangan.

3. Fitur pada openwrt

OpenWrt dapat dikonfigurasi lewat shell atau melalui antarmuka Web, menyediakan perbaikan bug dan pembaruan keamanan rutin bahkan untuk perangkat yang tidak lagi didukung oleh vendor bawaan perangkat tersebut. OpenWrt menyediakan kemungkinan lengkap untuk mengkonfigurasi fitur-fitur umum yang berhubungan dengan jaringan, seperti IPv4 , IPv6 , DNS , DHCP , routing , firewall , NAT , port forwarding dan lain lain. Fitur lainnya adalah
- File sharing SAMBA
- Pemutar musik dengan PulseAudio
- Printer sharing, Modem USB, Webcam, Kartu Suara, Download Manager
- Webserver, PHP, MySQL
- dan masih banyak lagi 

3. Kompatibilitas Fitur

Ketika Software bawaan perangkat hanya mengijinkan fitur yang tidak bisa ditambah ataupun dikurangi, OpenWRT menyediakan paket program hingga kurang lebih 3000 paket yang tersedia untuk dipasang. Beberapa fitur yang bisa pasang seperti block iklan, mengamankan koneksi dengan VPN serta mengenskripsi DNS sehingga tidak bisa dimanipulasi oleh ISP yang kita gunakan. Selain fitur yang sudah saya sebutkan, banyak fitur lain yang juga tersedia dan siap dipasang, namun tidak akan muat jika dibahas semua disini kan. Hehehe 

4. Support Komunitas

Banyak komunitas pengembang, sukarelawan, serta pengguna yang sudah lama menggunakan OpenWRT yang siap membantu untuk menyelesaikan masalah.

5. Sebagai Platform Pengembangan

Dalam pengembangan jaringan menggunakan OpenWRT sebagai platform yang stabil ditempat mereka. Dimana pekerjaan mereka yang bereksperimen agar algoritma yang semakin stabil diterapkan di OpenWRT terlebih dahulu.

6. Konfigurasi

Basis sitem operasi Linux, kita memiliki kontrol penuh terhadap perangkat kita, seperti konfigurasi yang mudah melalui SSH karena file konfigurasi yang berupa text, dan juga melalui antarmuka web.

7. Tanpa Biaya

Dikarenakan menggunakan lisensi GPL ( General Public License ), dimana kita bebas untuk mengembangkan, memodifikasi, dan menggunakan software ini secara bebas, dan tentu saja gratis.

Subscribe untuk berlangganan artikel :

0 Response to "OpenWrt"

Post a Comment

1. Dilarang menjadikan referensi tanpa mencantumkan sumbernya
2. Berkomentar yang relevan sesuai artikel
3. Gunakan bahasa yang baik dan santun