Blok Seluruh ListItems Listview dengan Keyboard (ShootKey) | VB6

Baca Juga :

Hai sahabat all-vb6 semuanya, semoga kita tetap sehat dan terus berkarya dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat. Pada saat pembuatan aplikasi khususnya dengan menggunakan komponen Listiview sebagai tabel view data yang telah diinputkan oleh user dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 (VB6), dikala kita dihadapkan dengan kondisi akan menghapus keseluruhan data yang ada dan jika data tersebut terlampau banyak bahkan sampai ratusan ribu, akan sangat memakan waktu yang lama jika proses penghapusan data pada tabel view tersebut satu persatu. Tentunya akan sangat mudah jika kita menekan shoot key (tombol pada keyboard) misalnya tombol CTRL + A seluruh data terblok dan tinggal klik tombol hapus, maka secara otomatis data terhapus seluruhnya.

Blok-Seluruh-ListItems-Listview-dengan-Keyboard-ShootKey-VB6

Untuk mempraktikan agar data (ListItems) pada tabel Listview dapat terblok seluruhnya hanya dengan tombol keyboard (shoot key), pertama-tama yang harus kita lakukan adalah klik Listview kemudian pada jendela Properties sebelah kanan cari MultiSelect ubah menjadi True. Double klik juga pada Lisview dan pilih event KeyDown kemudian copykan coding dibawah ini.
If ListView1.ListItems.Count > 0 Then
   If Shift = vbCtrlMask And KeyCode = vbKeyA Then
      Dim x As Integer
      For x = ListView1.ListItems.Count To 1 Step -1
          ListView1.ListItems.Item(x).Selected = True
      Next x
   End If
End If
Keterangan : 
Tombol yang digunakan untuk memblok seluruh isi Listview menggunakan tombol (shoot key) CTRL+A pada keyboard.

Jika telah selesai sekarang coba RUN/F5 kemudian klik kiri pada salah satu data di Listview kemudian tekan shootkey pada keyboard CTRL+A, secara otomatis ListItems pada Listview terblok seluruhnya. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Catatan : 
Tidak harus menggunakan CTRL+A, bisa diganti sesuai selera agan pada coding vbKeyA

Subscribe untuk berlangganan artikel :

0 Response to "Blok Seluruh ListItems Listview dengan Keyboard (ShootKey) | VB6"

Post a Comment

1. Dilarang menjadikan referensi tanpa mencantumkan sumbernya
2. Berkomentar yang relevan sesuai artikel
3. Gunakan bahasa yang baik dan santun